Minggu, 12 Februari 2023

CARA MERAPIHKAN TEKS YANG TERPISAH MENJADI 1 PARAGRAF DI WORD

 Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bagi teman2 yang sering bekerja dengan Microsoft Word pasti pernah mengalami pengalaman dimana ketika menyalin teks di internet hasilnya setiap paragraf menjadi terpisah menjadi beberapa baris atau bahkan terselingi oleh setiap baris kosong seperti ini :



Sekilas memang seperti karena tidak samanya jarak baris (Line Spacing), tapi ketika dirapihkan dengan mengatur jarak baris semua teks tenyata hasilnya tetap saja teks tersebut tidak berubah, karena memang itu bukan masalah jarak baris tetapi memang ada baris kosong setiap paragraf. Akhirnya mungkin ada yang merapihkannya dengan cara menghapus setiap baris kosong, lalu menggabungkan setiap baris menjadi paragraf secara manual, kebayangkan kalau kalimatnya panjang dan banyak pastinya membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Lalu, bagaimana caranya agar lebih cepat efektif dan efisien ? Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan supaya baris-baris kosong tersebut hilang dan sekaligus menjadikan setiap baris itu menjadi satu paragraf. 

1. Pilih semua teks yang akan dirapihkan (Ctrl A)


2. Klik menu HOME, dan klik Find, lalu Find Advance seperti berikut :



    akan muncul :



3. Pada Find anda Replace klik tab Replace, lalu :

    pada kotak Find what ketik : ^P

    pada kotak Replace with : kosongkan

4. Klik tombol Replace All

   


5. Klik No untuk menutup jendela konfirmasi dan klik tombol Close

    Taraaaa....



Selamat mencoba.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan silahkan tulis komentar terkait postingan ini